saya dan Phnom Penh, Cambodia

By 6:21:00 AM

Tahap ketiga dari trip Vietnam-Cambodia...

Perjalanan Siem Reap - Phnom Penh yang dimulai pada pukul 7 am berakhir hampir pukul 2 pm. Diperjalanan sempet berenti sekali untuk makan siang, dan lagi-lagi saya juga temen-temen satu rombongan tidak makan. Di tempat waktu istirahat ini ada penjual makanan khas Cambodia seperti jangkrik, tarantula dan kecoa :D saya cuma berani ambil fotonya, tidak berani mencoba :)

Well, sampai di kantor Sapaco sudah ada satu bapak yang mengacungkan kertas SARAH 6 PAX. Waktu di kantor Sapaco Siem Reap, kami memesan supir Tuk-tuk *supirnya saja wikikiki, gak deng*, jadi sesampainya di sana sudah ada pak supir yang mengendarai Tuk-tuk menunggu. Hari pertama di kota ini kami langsung meluncur ke beberapa hotel di area Royal Palace, tempat yang paling pas untuk menginap karena dekat kemana-mana. Tapi agak mengecewakan, tidak seperti HCM dan Siem Reap yang sekali ketemu langsung jatuh cinta. Di sini kami harus melewati dua sampai tiga hostel sebelum menemukan yang pas. Hostel yang sebelumnya ditemui itu berbau, lembab dan kumuh :( padahal di tengah kota dengan harga sekitar $18 - $25, rugilah! Memang sudah diketahui dari awal bahwa di Cambodia lebih mahal, terlebih lagi di Phonm Penh. Namun, dasar rejeki...kami menemukan satu hostel baru yang bersih, nyaman dan besar melampau lagi :D Di hotel ini disediakan kamar dengan twin dan triple beds. Untuk kamar twin per-malam $20 dan untuk triple adalah $30...otak berputar akhirnya muncullah kesepakatan kami berenam akan menginap di kamar dengan tiga kasur dan siempunya hostel ngasih harga $40. Jadi per-gundul kena $7, sesuai budget lagi :D

Istirahat sebentar, lalu melesat ke kota untuk cari makan, secara dari pagi baru makan mie cup saja :D ketemulah satu restaurant India dan NO PORK! wew! duduklah di situ, harga yang dilihat lumayan murah...makanan standar...tapi begitu datang makanan, wew porsinya kecil, rasanya yaaa what do you expect darling :P

Setelah makan langsung meluncur ke Royal Palace, yah melihat pagoda pagoda dan pagoda...uang masuknya adalah $7 per gundul atau sama dengan 25.000 Reil...jangan lupa melihat Silver Pagoda yang jadi kebanggaan kota ini ya...dari sini kami meluncur ke tepi Mekong river, foto-fotolah...kami tidak mengunjungi museum karena satu dan lain hal, tapi mungkin anda nanti boleh berkunjung ke sana :)

Dari situ, kami makan malam di sebuah restaurant NO PORK, makan mie khas vietnam dengan daging sapi, ENAK dan harganya $2.50 saja :D di daerah 178 street. Dari makan malam, kami menuju Night Market, gak terlalu ngeh dimana tempatnya tapi gak terlalu jauh lah...tidak seistimewa Night Market di Siem Reap, di sini hanya seperti pasar malam di Malaysia juga, jadi tidak recomended sebenernya :D ada jualan makanan dan stall standar plus ada band yang nyanyi dengan bahasa planet *saya gak ngerti hehe

Kembali ke Hotel dan selamat malam!

Pukul 8 am dijemput Pak Ya *nama supir Tuk-tuk* bergeraklah kami ke Wat Phnom dimana ada Pagoda dan Monyet! tidak menarik ternyata :( bayar pulak $1 hehehe secara hari terakhir sudah mulai miskin :D dari situ kita cari monumen Gun, dan berfoto. jalan lagi ke French Architecture building which is cuma foto-foto saja :D dan kembali ke Hotel ambil barang dan meluncur ke Russian Market. Russian Market ini baru namanya pasar :) harga t-shirt masih sama dengan tempat lainnya $1.50, saya juga dapet taplak meja tenun dengan harga $3 dan bergambar khas Cambodia...di sini juga banyak oleh-oleh yang lucu-lucu dan sama seperti di Vietnam barangnya :D selamat menawar di sini :)

Setelah membeli oleh-oleh dengan receh yang tersisa, meluncurlah kami ke Choeung Ek Genocidal Center atau lebih dikenal dengan Killing Field. Killing Field ini ada beberapa tempatnya boleh cek di www.cekillingfield.com untuk info lanjut. Disini adalah tempat dibunuh dan dikubur secara massal orang-orang yang membangkang pada masa pemerintahan Khmer dulu. Akan saya cerita lebih lanjut di postingan tersendiri ya :) biaya masuknya $2, semua dollar kawan!!!

monumen yang dalamnya adalah tengkorak ratusan orang

Dari Killing Field kami meluncur ke Airport, dan terkaget-kaget ketika menemukan papan pengumuman bahwa harus membayar Airport Tax sebesar $25 kawan!! miskin minah! jual diri laku gak ya wekkekkek :)

Setelah delayed 2 jam dan sayonaraaaa Cambodia :)

1 USD = 4,000 Reil

Catatan : kalau membeli barang, dan kita bayar dengan dollar pecahan besar akan memungkinkan anda mendapat kembalian dalam bentuk Reil, jadi baik-baiklah menggunakannya. Ada baiknya kalau bawa pecahan kecil dollar juga :)

Mudah-mudahan membantu ya :) Yang mau jalan-jalan jangan lupa kumpulin dollar, yang udah punya dollar selamat jalan-jalan...

*foto koleksi pribadi


You Might Also Like

0 komentar