Kacang Dal

By 1:24:00 AM ,

Hari ini saya mencicipi beberapa makanan khas India yang terbuat dari kacang dal. Kalau dilihat, sepintas seperti kacang kedelai hmm sepintas lagi kaya jagung hehe, rasanya juga tidak jauh berbeda. Tapi saya tidak pasti apa ini kacang kedelai atau bukan :D Kacang ini biasanya dipakai untuk membuat tempeyek (rempeyek), kerupuk, vadai atau kari dal.

Tempeyek dari kacang dal ini mirip dengan rempeyek di Indonesia yang menggunakan kacang kedelai atau kacang tanah, hanya saja biasanya ditambahkan jintan sebagai bumbunya. Bagi anda yang suka jintan mungkin rempah ini sangat membangkitkan selera, tapi bagi yang tidak suka, kemunculan jintan memberikan rasa yang agak kurang sedap.

Ada juga kerupuk yang terbuat dari kacang dal. Biasanya dimakan dengan nasi briyani atau makan kari atau teman makan nasi.

Selain itu ada juga Vadai yang bentuknya mirip dengan combro. Vandai ini dibuat dari kacang dal yang sudah ditumbuk ditambah bumbu, potongan cabai rawit, daun bawang dan dibentuk serta digoreng kering. lebih enak dimakan panas-panas.
Kari dal ini dibuat dari kacang dal yang dimasak dengan bumbu kari. Disiram ke atas nasi panas dan disantap ditemani kerupuk yang disebutkan di atas...surrrlllpp :)

Untuk makanan-makanan ini, saya punya satu tempat enak di Bangi, sebuah kios India kecil yang makanannya halal dan tidak terlalu tajam rasa karinya.

Selamat mencoba :)

*foto koleksi mbah google

You Might Also Like

0 komentar