Adi Ada Aja - Soto A3

By 2:52:00 PM


Mohon maaf saya menulis ketika bulan puasa :D tapi ini juga terdorong oleh rasa sangat sangat dan sangat ingin makan soto ayam di warung nasi A3 (baca: adi ada aja). Saya kenalan sama sang soto ketika kuliah di Jatinangor. Kalau dari arah Bandung, letaknya beberapa kios sebelum gerbang Unpad yang lama. Dulu saya makan di situ dari harga Rp 3.000 per mangkoknya, sekarang tidak tahu harganya sudah berapa. Kita memilih ayam yang sudah digoreng, diletakkan ke dalam mangkuk dan serahkan kepada penjaga warung...tidak perlu lama menunggu, cring semangkuk soto sudah terhidang di depan mata. Nasi putih ambil sendiri dan kaleng kerupuk berjejer di depan membuat air liur menggeliat.


Sotonya bersantan, mungkin mirip soto Medan ya, tapi rasanya khas. Di dalam mangkuk akan ada ayam, tomat, emping, bawang goreng dan warna kuah kuning kental menyelerakan. Bisa habis krupuk 3 - 4 sekali makan. Belum lagi sambal berwarna merah tua menggiurkan karena rasa sambalnya sangat khas, ada pelet-nya mungkin sehingga saya selalu terngiang seksinya makanan ini.

Minuman yang terkenal di sini adalah mangga potong. Mangga dipotong-potong kecil, disiram dengan air gula, diberi es dan dimasukkan ke dalam gelas. Bukan es campur ya. Aduhai, pedas-pedas, panas-panas, nikmat! Sungguh!

Update 3.2.11
Akhirnya setelah 2 tahun tidak menginjakkan kaki di Jatinangor dan tidak merasakan seruputan kuah soto ini, beberapa minggu lalu saya merasakannya lagi. Bagaimana rasanya? tidak ada yang berubah, tetap sama, kecuali suasananya :)

Selamat mencoba...

*foto mbah google punya ya*

You Might Also Like

3 komentar

  1. aku cuman mo bilang..tpt mkn favourite aku ini sewaktu di jmn kuliah dulu.. skarang udah tutup mas..sedih..br ksana bbrp hari lepas ternyata sudah lm tutup kata org sekitar.. sedih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa..sudah tutup ya?
      Saya terakhir makan tahun 2011 lalu..
      Sayang sekali.
      Btw, saya tidak berjakun, jadi tidak pernah dipanggil Mas :)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete