Deepavali

By 8:43:00 AM ,


The lights

Kolam


Deepavali yang juga biasa disebut Festival of lights merupakan festival selama lima hari yang dirayakan oleh umat Hindu. Kata Deepavali itu berarti sebarisan cahaya yang disambut pada hari ke-14 pada kalender Tamil. Biasanya umat Hindu merayakannya di rumah dengan anggota keluarga. Perayaan ini menjadi salah satu hari libur nasional di Malaysia. Awalnya saya kira hanya akan ada satu hari perayaan dimana banyak orang menyalakan kembang api sebagai sumber cahaya penerang. Ternyata tidak, bahkan hingga tadi malam pun masih banyak kembang api di angkasa warna warni tanda perayaan Deepavali masih berlangsung di antara keluarga penganut agama Hindu.

Perayaan ini menandakan adanya kemenangan kuasa kebaikan atas kuasa kejahatan. Cahaya dalam bentuk lilin, lampu dan kembang api merupakan wujud dari perayaannya. Hal yang terpenting dari perayaan ini adalah cahaya yang muncul dari dalam diri setiap pemeluk agama, Hindu. Menyadarkan manusia bahwa dalam jasad yang ada dalam tubuh mereka ada kebaikan yang harus dijaga dari sifat-sifat dan pengaruh jahat. Pada pagi hari Deepavali, para penganut agama Hindu akan pergi ke rumah peribadatan mereka, temple, untuk beribadah.

Pada perayaan ini, biasanya umat Hindu membuat Kolam pada pintu masuk rumah mereka. Di pusat keramaian juga biasanya akan ada Kolam dalam bentuk besar dengan gambar simbol-simbol kepercayaan mereka yang membawa kebaikan dan merupakan wujud dari penyembahan dewa Lakhsmi yang merupakan dewa kekayaan yang menurut kepercayaan akan mendatangi rumah mereka yang membuat hiasan Kolam ini. Biasanya juga Kolam tersebut dikelilingi dengan lilin sebagai sumber cahaya yang melambangkan Deepavali itu sendiri.

Pada hari perayaan tersebut saya tidak sempat datang ke temple seperti yang direncanakan, karena ketika saya sampai, semua orang sudah pulang *kata lainnya adalah kesiangan*. Di komuter ketika menuju temple, saya bertemu banyak orang dengan pakaian Punjabi-nya yang warna warni. Seperti perayaan lebaran/hari raya mungkin, mereka mengenakan pakaian terbaik yang mereka punya.

Perbedaan itu indah kan :)

*foto koleksi pribadi*

Sumber : dari sini, sini dan sini

You Might Also Like

0 komentar