Malaysia: Koc Wanita Sepanjang Masa

By 10:23:00 AM ,



Buat teman-teman yang baru-baru ini mengunjungi Malaysia mungkin bertanya-tanya kok ada tiang warna pink di stasiun Komuter, kok ada dua gerbong yang isinya perempuan semua, kok ada dua gerbong yang berlogo wajah perempuan bertuliskan wanita sahaja sepanjang masa...Yap! sejak April 2010 KTMB (Kereta Tanah Melayu Berhad) menyediakan dua gerbong yang dikhususkan untuk wanita saja. Hal ini merupakan tindak lanjut dari survei yang dilakukan beberapa waktu lalu yang menyatakan bahwa 95% wanita pengguna KTM Komuter merasa resah ketika satu gerbong dengan laki-laki dan resah menjadi korban copet atau pelecehan seksual.

Di setiap stasiun Komuter disediakan tempat menunggu, naik dan turun, untuk wanita dengan ciri tiang stasiun yang dicat dengan warna pink. Dua gerbong juga sudah disediakan khusus untuk wanita saja, sepanjang masa. TAPI agak sedih bahwa masih banyak laki-laki yang tidak peduli pada logo dan imbauan dari pengurus stasiun yang mengatakan bahwa dua gerbong itu khusus untuk wanita. Masih ada saja mereka yang membuta tuli masuk ke dua gerbong itu dan bahkan duduk dengan manisnya. Kadang kalau kebetulan ada wanita yang berani, mereka akan dengan galak menegur penumpang gelap di gerbong wanita itu, tapi tak jarang para wanita cenderung diam karena takut juga. Kadang memang ada satu petugas di masing-masing gerbong itu yang akan menyuruh penumpang laki-laki keluar dari dua gerbong tersebut. Tapi petugas tidak setiap hari bertugas khusus di gerbong itu. Jadi tetap saja sering kecolongan. Rasanya ingin mencolok mata laki-laki yang buta aksara itu!


Tapi setidaknya Kerajaan sudah berusaha mengakomodir kebutuhan para pengguna angkutan Komuter. Buat temen-temen yang berkunjung ke Malaysia dan akan naik Komuter, perhatikan logo pink wanita sahaja sepanjang masa itu ya :)

Selamat piknik :)

*foto dari BeritaHarian.com.my dan Google*

You Might Also Like

0 komentar