Dondurma: A La Turka

By 8:08:00 AM






Suka es krim? Jangan lupa cobain es krim buatan orang Turki yang disebut Dondurma yang dalam bahasa Turki artinya 'freezing'. Saya AKHIRNYA tau bahwa ada es krim itu di Kuala Lumpur, Malaysia, namanya A La Turka tempatnya di depan BB Plaza, Jalan Bukit Bintang. Dengan menggunakan cone, kita bisa milih dua jenis rasa es krim. Pilihan rasanya ada vanila, coklat, pisang, dan bahkan kopi :) Harga per-porsi adalah RM 5 (Ringgit Malaysia) untuk dua scope.

Es krim ini lebih kental dan agak hmm lebih kenyal, teksturnya agak lain dan agak lama untuk mencair karena bahan yang digunakannya berbeda dari es krim kebanyakan yaitu tepung yang terbuat dari akar bunga anggrek ungu, unik ya :)

Biasanya es krim ini dijual oleh pedagang kaki lima dengan satu grobak kecil dan lonceng :) kok lonceng? ya! setiap si penjual mengambil es krim dengan menggunakan sendok panjang, dia akan membunyikan lonceng itu. Kadang si penjual juga menyanyi sambil melayani.

Hal menarik lainnya dari penjualan dondurma ini adalah si penjual biasanya memberikan atraksi buat si pembeli. Waktu itu ternyata si penjual pegang dua cone lalu memberikan pada saya dan membiarkan saya mengambil cone paling bawah sementara cone paling atas yang berisi dondurma dia tarik kembali :)) agak kaget soalnya teman saya dapet dondurma dengan cara normal tapi saya malah dikerjain :D it was nice, though :)

Mungkin di tempat lain ada juga yang jual dondurma, di Indonesia juga mungkin :) jadi kalau sempet nemu tukang jual dondurma, jangan lupa coba ya. Waktu itu saya coba pisang dan kopi, and it taste great! selamat mencoba :)

You Might Also Like

4 komentar

  1. wou..prnah cari kt bkt bintg..tapi xjumpa.. lokasi ktner?

    ReplyDelete
  2. ada dekat BB plaza, ada banyak cafe kat situ, dia ada kat corner

    ReplyDelete
  3. rh RM itu mata uang apa 5 RM berapa bukit bintang di kota apa?

    ReplyDelete
  4. RM - Ringgit Malaysia
    di blog sudah dituliskan KL stands for Kuala Lumpur.
    Terima kasih :)

    ReplyDelete