Mendadak Pangkor bag. 1

By 1:01:00 PM ,

Tiket bis KL-Lumut RM 25.00

Bis Arwana

Jetty Sungai Pinang

Taxi - Pink

Taxi bersama supirnya ;)

Boat menuju tempat snorkeling

Ceritanya mendadak Pangkor, karena memang ini bukan piknik yang direncanakan, sangat menyalahi aturan kedisiplinan pelajar *ngikik*. But then, we went there, we had fun there, and we were satisfied! :) Bagian ini saya hanya akan bercerita sedikit bagaimana menuju Pulau Pangkor dari Kuala Lumpur (KL), bagaimana transportasi di Pulau Pangkor-nya, bagaimana kembali lagi ke KL dan akomodasi selama di sana.

Untuk pengantar, mungkin ada yang bertanya-tanya, Pulau Pangkor itu dimana sih? Pangkor ini terletak di Negeri Perak yang merupakan negeri bagian kedua terbesar di Malaysia. Perak ini berbatasan dengan Kedah dan Provinsi Yala, Thailand. Sementara Pulau Pangkor merupakan satu pulau kecil yang bisa dicapai dari daerah Lumut yang menjadi salah satu objek wisata di negeri Perak ini. Untuk detail tentang sejarah atau informasi lainnya, bisa coba browsing sendiri ya :)

Ini tentang keberangkatan kami (saya dan empat orang teman lainnya) ke Pulau Pangkor. Kebetulan kami tinggal di Kajang, dan perjalanan dimulai dari sana. Kami naik bis Etiqa menuju Terminal Puduraya dengan membayar tiket sebesar RM 30.00. Mahal? tunggu dulu ;) tiket harga segitu rinciannya adalah RM 5.00 untuk ongkos Perhentian Kajang - Puduraya sementara harga tiket dari Puduraya ke Jetty Lumut adalah seharga RM 25.00 untuk perjalanan selama kurang lebih 4 jam. Naik bis Etiqa jam 10 dari Kajang dan hinggap di Puduraya pukul 11.40, cepet banget karena minus macet. Biasanya sih kalau naik angkutan umum bisa sejaman, kalau naik mobil pribadi bisa lebih cepet dikit kecuali nyasar :D

Sampai Puduraya langsung menuju loket tiket di lantai M, menuju loket yang sudah ditentukan dan tertera pada tiket yang kita dapet dari Perhentian Kajang itu. Tuker tiket lama dengan tiket baru menuju Lumut yang ternyata baru akan bergerak pukul 12.30 siang. Waktu kurang dari 2 jam dimanfaatkan untuk makan dan berkagum ria dengan terminal :D Jangan takut terlambat karena akan ada pengumuman kalau bis sudah tersedia baik di papan pengumuman maupun ada informasi yang mengingatkan dan memanggil para penumpang yang akan pergi menggunakan speaker.

Bis pun berangkat tepat waktu dengan waktu tempuh selama kurang lebih 4 jam sampai kami diturunkan di Jetty Lumut. Untuk bisa ke Pulau Pangkor, kita harus naik kapal ferry yang beroperasi setiap setengah jam dari mulai jam 6 pagi dan terakhir jam 8 malam. Harga tiket ferry adalah RM 10 untuk pergi dan kembali.

Peta Pangkor (sumber ini)

Bagi teman-teman yang belum kebayang mau tinggal dimana selama di Pangkor, bisa minta bantuan agen yang ada di Lumut. Kami kebetulan menginap di Teluk Nipah, dapet satu kamar ukuran keluarga dengan dua tempat tidur ukuran king yang bahkan bisa untuk 6-8 orang bergantung ukuran badan. Harga yang ditawarkan waktu itu RM180 per malam, tapi setelah tawar menawar, kami dapat harta RM 270 untuk dua malam. Menurut supir taksi yang kami tumpangi sih harga segitu bagus untuk ukuran kamar yang besar.

Tapi kalau memang mau go show juga bisa-bisa saja. Banyak pilihan kok, ada chalet, ada kamar hotel yang kecil sampe yang besar, yang murah sampai yang mahal. Chalet kecil bisa didapat dengan harga sekitar RM 80 per malam. Tempat menginap satu dan yang lainnya ternyata sangat berdekatan dan daerah paling ramai itu adalah di Teluk Nipah karena banyak penginapan di sana. Ada juga bagian pulau yang lain seperti Pantai Pasir Bogak dan Emerald Bay yang menawarkan tempat penginapan berkelas, tentu saja dengan jumlah ringgit yang lebih banyak :D Sampai Pulau Pangkor akan sangat banyak orang yang membantu kok, tapi pintar-pintar aja menawar harga ya :)

Balik lagi soal perjalanan kapal. Waktu yang dibutuhkan untuk menyeberang dari Lumut ke Pulau Pangkor itu sekitar setengah jam. Nanti kita diturunkan di jetty kedua dan dari situ bisa ambil taksi berwarna pink. Jangan heran kenapa taksinya bukan berupa mobil sedan kecil tapi lebih seperti mobil colt :D itulah taksi mereka :D biasanya dari Jetty ke Teluk Nipah kita ditawarkan harga RM 15, tapi kalau tempatnya lebih dekat bisa dapet harga RM 10.

Untuk transportasi harian, teman-teman bisa sewa sepeda, motor atau mobil. Dalam jumlah besar saya sih saranin mobil karena dengan menyewa mobil seharga RM 85 per hari dan isi bensin hanya RM 15 teman-teman akan bisa mengelilingi Pulau Pangkor secara keseluruhan, literally :D Pulau ini kecil sekali :D Jalan yang berliku dan menanjak akan sukar untuk dijangkau oleh motor dan sepeda (dengan harga sewa RM 15 per hari atau RM 5 per jam) makanya sewa mobil sangat disarankan. Kalau tidak ingin menyewa pun ya tidak apa-apa, tapi rasanya sayang aja, toh pulaunya kecil benul :) Untuk mengelilingi seluruh pulau kita hanya perlu waktu kurang dari setengah hari lho, jadi jangan sampai nyesel ya ;)

Untuk kembali ke KL lagi ya rutenya sama saja, ambil kapal dari Jetty menuju Lumut dan naik bis ke KL dari Lumut. Saran saya, apalagi kalau pergi pada hari libur atau akhir pekan, pastikan membeli tiket untuk kembali ke KL sesampainya di Jetty Lumut. Kalau waktu yang dimiliki sudah mepet, keputusan membeli tiket kembali sesampainya di Lumut ini tepat karena ada kemungkinan tidak kebagian tiket untuk kembali ke KL. Tidak ada salahnya untuk waspada kan?

Baiklah, bagian ini fin dulu ya :) lanjut ke bagian selanjutnya yang akan membahas aktivitas dan tempat yang bisa dikunjungi selama di Pangkor berikut rincian biayanya. Selamat piknik!

You Might Also Like

1 komentar