Hong Kong: Hari Kedua

By 9:38:00 PM

Hari kedua di HK merupakan hari conference :) tujuan utama dari perjalanan ini, pikniknya sampingan tapi dominan :)) The Seventh Annual Conference of the Asian Studies Association of Hong Kong (ASAHK) merupakan ajang berkumpulnya para sarjana, pakar dan peminat kajian-kajian yang ada di wilayah Asia. Saya menjadi pemakalah pada conference ini dalam bidang Intercultural Communication. Entahlah, di Indonesia kajian komunikasi budaya dibedakan menjadi Komunikasi Antar Budaya dan Komunikasi Lintas Budaya, sementara yang saya ketahui selama belajar di Malaysia bahwa kedua-duanya merupakan satu kesatuan kajian Komunikasi Antarbudaya dimana Intercultural dan Cross-cultural merupakan hal yang sama hanya saja terminologi itu digunakan untuk menekankan bagaimana dua budaya atau lebih bertemu dalam satu interaksi komunikasi. Ah, panjang! :)) Ini merupakan conference saya yang kesekian sebagai pembicara. Makalah merupakan sebagian kecil dari disertasi doktoral saya, tidak seberapa dalam hanya 12 halaman A4 :)

Saya dan Ade, teman seperjalanan, mendapat jadwal presentasi di hari pertama, memang saya yang meminta ;)) tak tik agar conference hari kedua bisa mabal :)) *nakal*. Dari Fortress Hill kami naik MTR menuju North Point Station dengan harga tiket 5 HKD, dari station, kami naik taksi menuju Shue Yuan Universiti dengan argo 28 HKD, dibagi dua :D Cara menyampaikan alamat kepada Pak supir adalah seperti pengalaman saya ketika di Guangzhou, menunjukkan kertas dengan tulisan Mandarin sehingga Pak supir cepat tanggap dan manggut-manggut suruh kami berdua naik ke dalam taksi. Argo dimulai dengan angka 20 HKD! Shocked! harus bayar berapa nanti??? Sebelumnya sempat bertanya kepada beberapa orang, bagaimana cara menuju Shue Yuan University ini, ada yang bilang naik Bis aja, ada yang bilang bisa naik taksi dengan bayaran maksimal 30 HKD. Dengan pertimbangan bahwa kami tidak tahu posisi universitasnya, kali aja kalau habis naik bis lalu kita harus jalan berkilo-kilo meter :)) itu cari perkara kan ya...Sebab kampus saya di Malaysia itu yaaa gitu deeh, jauh antara fakultas satu dan lainnya sehingga kalau lagi musim liburan, tidak ada bis dalam kampus, nah kalau sudah begini ya jalan kaki lah solusinya...keringetan :D Karena ini kita mau mengejar waktu yang mana acara pembukaan harusnya sudah mulai, menurut itinerary. Maka taksi pun kami pilih, dan taraaaa...sampai dengan selamat dan cepat :)

di depan Shue Yan University
Presentasi kami berdua berjalan lancar, sepertinya :)) Ade presentasi pagi dan saya setelah makan siang. Ade fokus penelitiannya pada film dokumenter, berbeda dengan saya, sehingga kami terpisah panel presentasi. Jam 4 setelah sesi panel terakhir habis, kami ngibrit keluar gedung :D berfoto sejenak dan naik bis No 27 dengan bayar 4.50 HKD menuju North Point Ferry Terminal. Kami bermaksud menuju TST dari situ, tapi ternyata kami salah baca...dari North Point Ferry Terminal itu, kami menuju daerah Kowloon yang membingungkan :))
HK Tram, foto diambil dari double decker bus menuju North Point Ferry Terminal
menunggu kapal

Naik kapal dengan tiket seharga 5.50 HKD, kami duduk manis melihat HK Island ditinggalkan, dan kami menuju Kowloon. Sampai di Kowloon, kami naik bis 5C menuju daerah TST dengan bayar 5.50 HKD. Untuk membayar tiket ferry, kami menukar pecahan 20 HKD dengan membeli sepotong kue. Untuk membayar bis, kami menukar pecahan 50 HKD dengan sebotol susu soya :)) ini lah akibat tidak membeli Octopus Card! jadi ribet tuker-tuker uang...kalau gak dituker, maka tidak akan ada kembalian yang diterima. dilema!
salah satu sudut TST
Tujuan pertama setelah turun bis adalah Space Museum, tapi karena melewati The Avenue of Stars, akhirnya mampirlah bentar. Foto-foto dan sedikit mengintip matahari terbenam di sana.  Saya yakin bahwa ada patung Bruce Lee, tapi hari itu kami tidak menemukan zzz dan perjalanan dilanjutkan.
avenue of stars

Perjalanan menuju Hong Kong Space Museum, kami melewati Hong Kong Art Museum, tapi tidak berniat masuk :D karena tujuan sudah ditetapkan...beli tiket 10 HKD untuk bisa menikmati museumnya dan kami masuk! si Ade bahagia banget, karena dia memang suka dengan benda-benda langit pun luar angkasa...
ticket to the space museum

Malam itu saya janjian dengan seorang teman, orang lokal Hong Kong bernama Cathy. Saya bertemu dengan Cathy waktu piknik ke Kota Kinabalu. Saat itu saya sampaikan pada Cathy bahwa suatu hari saya pasti mengunjungi dia. Daaaan...kurang dari satu tahun saya pun memang benar-benar mengunjungi dia :)
with Cathy
semua orang menunggu Symphony of lights
dim sum traktiran Cathy!

Malam itu diakhiri dengan menikmati Dim Sum dan chit chat sambil menilai rasa makanan, was fun! Rumah makan ini katanya cukup terkenal di daerah Fortress Hill, dekat dengan stasiun MTR. Makan malam seharga 127 HKD semua dibayar oleh Cathy sebagai tuan rumah, THANK YOU SO MUCH! Lain waktu dia ke Indonesia, pasti saya ajak makan sampe kenyang di warteg! she'll love it ;)

Hari kedua pun berakhir dengan perut super kenyang dan hati penuh bahagia bertemu teman! Bertemu besok lagi ya!