YOGA

By 11:34:00 AM

Foto dari Google Image
Pose yang saya lakukan setiap harinya bersumber dari sini

Sudah sebulan ini saya menjalani Yoga yang diputuskan sebagai jalan keluar dari NIAT OLAHRAGA yang cuma selesai di niat aja :D 

Sebagai mahasiswa yang uang sakunya masih ngepas, tidak memungkinkan bagi saya untuk ikutan kelas Yoga. Di sini ada sih, tapi kepikiran harga kelas, ongkosnya dan waktunya yang kebanyakan malam. Akhirnya saya putuskan DIY Yoga :D 

Saya pernah ikutan kelas Yoga, sekali. Hasilnya? Sakit-sakit badan :)) Saya masuk kelas reguler yang sudah berjalan gak tau berapa lama. Jadi ketika masuk, saya hantem badan untuk melikak-likuk, dilipet diplintir. Keesokan harinya Alhamdulillah sakit-sakit sekujur badan :)) Newbie. Biasa *angkat-angkat alis*.

Di Jakarta, saya punya dua atau tiga DVD Yoga for beginner. Pernah dicoba? PERNAH DONG. Hasilnya? NGANTUK :))) Entah ya, sayang banget itu DVD isinya bikin ngantuk banget. Ada instruktur yang ngomongnya bisik-bisik pula, serius saya jadi ngantuk karenanya *tutup muka*. Dari yang saya pelajari dari DVD itu, adalah beberapa pose yang nempel di kepala dan kadang saya lakukan. 

Sebelum mulai merealisasikan niat Yoga kali ini, saya banyak browsing tentang how to do a proper Yoga. Karena sebagai newbie yang know nothing about Yoga, saya punya ketakutan salah melakukan, terlalu memaksakan dan lainnya yang mungkin malah mencederai tubuh. Setelah merasa cukup untuk saat itu, saya mulailah Yoga dengan pose yang saya rasa mampu dilakukan. Badan kaku banget ternyata *tutup muka*.

Setelah lewat seminggu, saya merasakan hasilnya; tidur nyenyak dan badan lebih segar. Mungkin ini juga karena ditunjang pola makan yang lagi dibenahi ya. Anyway. Sampai sekarang saya rajin browsing tentang Yoga, salah satu situs yang biasa saya kunjungi adalah DoYouYoga ini. Selain itu, saya juga suka bongkar-bongkar Youtube untuk sekedar lihat bagaimana Yoga poses dilakukan. Minggu lalu, kalau tidak salah, saya menemukan 30 Days Yoga Challenge yang dibuat oleh Erin Motz ini. Menarik, pikir saya. Mulailah unduh satu-satu-satu. Sejak tiga hari lalu, selain melakukan Yoga poses harian, saya juga mulai ikutan videonya Erin ini. Seru juga :) 

Saya biasanya melakukan Yoga di pagi hari atau malam sepulang kampus. Bergantung kemungkinan waktu yang tersedia hari itu. Gak mau juga terlalu malam, karena takut memberatkan proses penyerapan tubuh di malam hari, jadi saya lebih sering melakukannya pagi hari setelah ritual minum jeniper :) 

Semoga bisa dijalankan terus niatnya ya ^^

You Might Also Like

2 komentar

  1. De baru 6 bulan terakhir ikut Yoga di kantor. Kebetulan istrinya teman kantor itu freelancer instruktur di FF. Jadi kita daulat untuk ngajar di kantor, seminggu sekali.

    Secara badan frankenstein kebanyakan resleting bekas jahitan operasi, jadi gak semua gerakan Yoga bisa de ikutin. Pernah maksa, hasilnya jahitan di rusuk kiri ketarik ... amboyyy sakitnya.

    Sekarang udah sadar diri, ikut sebisanya. Gerakan yang gak bisa, ya gak dipaksa.

    Permainan terbatas judulnya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, iya nih Mbak De, aku juga pelan-pelan aja sih, gak mau ngoyo, tau diri, cuma bermodal video dan baca-baca, patah tulang repot ntar kan...Pingin sehat aja :D Semangat!

      Delete