Belajar Masak Makanan Mentah

By 9:59:00 AM

Bulan lalu saya ganti handphone, jadilah bisa buka-buka Instagram yang sudah lama berdebu, karena handphone Samsul yang sudah nemenin selama empat tahunan itu gak bisa ngapa-ngapain lagi selain telepon dan sms. Itu pun harus sabar, karena kadang untuk angkat telp perlu waktu sampai 2 detik, lha yang nelepon keburu nutup. Nah, sejak bisa buka-buka Instagram lagi, saya jadi sering liat-liat akun orang yang hobi masak. Ada pemilik akun yang hobi masak enak, bahkan gambarnya pun udah bikin ngiler; soto, nasi goreng, pasta, steak, sup, kelepon, bakwan malang, bakso dan segala macamnya lagi, haduh deh. Sarapan pada bikin ketoprak lah, bikin bubur ayam lah, brrr...ngiler maksimal. Makanan yang tidak sehat, tapi jelas enak :)) Selain itu, saya juga sering liat-liat akun yang pemiliknya hobi masak masakan mentahan, raw food istilahnya. Bahkan makanan penutup seperti cheesecake juga dibuat mentahan, ini sinting, tapi tempting :)) Nah, ini makanan sehat dan enak, tanpa mengurangi rasa hormat terhadap kenikmatan makan ayam penyet pakai nasi panas hadeeeh. 

Saya ngiler banget dengan makanan yang tidak sehat tapi enak itu, selalu. Untuk mengurangi rasa ngiler, saya rajin buka-buka akun Instagram yang pamerin makanan sehat dan enak. Termasuk juga saya mulai suka mencari-cari situs yang memberikan resep-resep makanan mentahan yang diolah sedemikian cantik dan menarik dan enak, tentunya. Seperti Rawfoodrecipes ini, Bestrawrecipes ini, atau Rawguru ini. Sejauh ini sih baru nyobain bikin pasta dari zucchini dan wortel, dengan pesto sauce buatan. Eh, pernah juga deng bikin siomay bayam, jadi gak pakai ikan atau ayam, lumayan enak :D Cuma aja, makanan yang tidak sehat tapi enak itu warna dan bentuknya memang lebih menyelerakan, ya :))

Harus belajar masak lagi nih. Tapi, dari semua resep masakan, saya paling penasaran untuk bikin makanan pencuci mulut seperti ini. Di daerah tempat tinggal saya gak tersedia bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan itu, jadi harus ada usaha lebih pergi ke Kajang yang ada Giantnya dan ini pun gak lengkap, Bangi Gateway yang ada Jaya Grocernya atau sekalian ke Kuala Lumpur, misalnya, untuk beli bahan-bahan yang dibutuhkan. Saya biasanya sempetin ke Kajang seminggu sekali, atau dua minggu sekali untuk beli sayuran organik di Giant. Jarang? Iya, karena gak selalu bisa menyempatkan untuk ke sana. Jaya Grocer itu best place to buy organic food sebetulnya, tapi untuk ke sana susah, walaupun dekat. Tidak ada bis. Jadi, kalau pas lagi ada teman ajak pergi ke situ, baru deh.  

Kalau iseng, kunjungi Instagram saya ya, belum rame sih isinya, tapi niatnya mau diisi dengan foto-foto makanan a la FC dan yoga. Makanan enak tapi gak sehat-nya adalah diposting, tapi jarang :D Mudah-mudahan saya semakin rajin mencoba masak makanan yang sehat dan enak :D Cao!

You Might Also Like

2 komentar

  1. kayaknya kamu sebenarnya pengen cerita, bahwa di balik semua uraian makanan mentah yg sehat ini, kamu tetep aja kangen sama makanan gak sehat tapi enak ya? :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om Brad, ah, bisa aja read between the lines :)))

      Delete