Tahu isi

By 9:45:00 AM

Biasanya saya ambil hari Sabtu dan/atau Minggu sebagai hari curang; berselingkuh dari pola makan yang semestinya. Sejak Jumat minggu lalu, saya sudah ngebayangin tahu isi jamur yang dimakan panas-panas pake bumbu pecel dan cabe rawit, wuiiih. Jadilah saya bikin tuh, dua hari berturut-turut, Sabtu dan Minggu. 

Niat nakal memang, sehabis sarapan buah pagi, saya sarapan tahu isi pukul 10 :D Harusnya kan belum boleh ya *pukpuk perut*. Sambil nonton tv, makan tahu isi panas dan kopi *dhuaar! Apa yang terjadi hari itu? Agak mules hahaha, tapi dalam batas bisa ditoleransilah. Saya tetep makan sayuran mentah, di luar gorengan itu. Sorenya hujan, saya bikinlah sejenis spring roll, kalau beberapa hari sebelumnya si spring roll tidak digoreng, hari itu saya goreng. Saya bikin kuah bakso(-baksoan) dan disiramkan ke potongan spring roll dan tahu isi, ditaburi Boncabe level 15, sedep! Kondisi masih juga aman :D Di setiap sesi makan, saya usahakan tetap makan sayuran mentah sebanyak mungkin *menebus dosa*. Tapi sebetulnya si tahu isi ini masih bisa masuk koridor Food Combining, hanya saja gluten dan proses digorengnya itu yang tidak ada dalam juklak, sehingga menjadi makanan yang tidak ideal.

Minggu pagi, si tahu masih nyisa tuh, ada juga spring roll sebiji lagi, goreng-gorenglah. Sarapan kedua setelah buah dilanjut tahu isi dengan kuah kacang dan kerupuk, beuh! Makan siang spring roll yang digoreng pake tepung kemudian dimakan dengan cara disiram kuah kacang plus sayuran mentah. Makan sore saya agak tobat, bikin nasi goreng dengan sedikit evoo, garam himalaya ditaburi banyak daun bawang. Nasi goreng ini mendampingi salad isi bayam, cherry tomato dan wortel, sementara dressingnya adalah evoo, garam himalaya, merica dan sedikit perasan jeruk nipis. Setelah itu, masih melirik sisa tahu isi tuh, ada dua lagi. HAP! 

Setengah jam dari itu, perut saya kembung, sebah, bergas, ah gak enak deh pokoknya. Tadi browsing sih namanya abdominal bloating, kayaknya gitu deh. Iya, gak sih? ^^ Penyebab dari kondisi ini adalah terlalu banyak memakan makanan yang mengandung gluten. As I predicted. Akibatnya, semalaman saya tidak bisa tidur, seriusan ini perut isinya gas semua dan sakit. Sangat tidak nyaman. Hufft. Pelajaran deh, seseneng-senengnya cheating, jangan keterlaluan. Si tahu isi yang seksi dan surga rasanya itu jadi tidak enak lagi ketika dimakan berlebihan :( 

Hari ini saya puasakan dulu perutnya, biar istirahat, gak melulu produksi enzim untuk mengolah makanan asing. Rencananya sampai tiga hari ke depan, semoga segera pulih. 

Udah, gitu aja. Tahu isi, ketemunya kapan-kapan lagi ya...

You Might Also Like

2 komentar

  1. Aduuuh tahu isi ini bikin ngiler, apalagi isinya mayones, daging, sayuran, abon dan macem2 hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal gak ada fotonya ya ahahha tapi tahu isi panas itu emang endes yaa :D

      Delete