Sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit

By 11:15:00 AM

Lalui saja prosesnya, nanti akan ketahuan hasilnya. Ya, begitu! Seperti menabung, sedikit-sedikit maka lama-lama akan menjadi bukit. Saya jatuh cinta banget sama Yoga, sama seperti saya jatuh cinta sama Softball, dulu. Awalnya melakukan Yoga karena saya tau manfaatnya bagi tubuh, kemudian saya sadar bahwa Yoga ini membuat saya belajar banyak, terutama tentang ketekunan dan menikmati proses. Tidak ada yang instant, itu benar! Seperti cerita saya di gedebugh! ini. Pertama kali belajar melakukan posisi Yoga ini, saya mikir apakah bisa dilakukan. Dicobalah berulang-ulang. Eh, bisa, walaupun masih pada batas minimal. 

Kemarin beberapa teman bertanya, apakah Yoga itu sulit atau tidak. Saya sih jujur saja, pada awalnya melakukan Yoga itu menyiksa. Badan yang tidak pernah dimaksimalkan geraknya, kesalahan posisi berdiri/duduk dan lainnya selama bertahun-tahun, membuat gerakan-gerakan Yoga ini seperti sulit dilakukan. Tapi saya selalu bilang kepada teman-teman untuk melakukan gerakan sesuai kemampuan, karena seiring waktu dan proses yang dilalui, sakit-sakit semakin berkurang, badan pun semakin lentur. Bener deh :) 
Pertama kali latihan posisi di atas ini sekitar satu bulan lalu, compass pose ini bikin keringetan waktu pertama kali belajar, nyontek dari sini. Saya sampe pasrah banget, kalau pun gak bisa-bisa, sudahlah :))) Kalah sebelum berperang ya. Tapi hampir setiap latihan saya cobain posisi ini. Pertama kali berani foto itu dua minggu lalu, sok iye berasa udah mulai bisa bikin kaki lurus, ternyata bahahihi ya gitu deh. itu otot pinggang yang ketarik rasanya aduhai deh. Nah, seminggu kemudian saya iseng foto lagi, eh sudah semakin bagus alignmentnya, belum sempurna sih. Otot pinggang yang kena jatah ketarik juga gak sesakit biasanya. Nanti deh, saya foto lagi untuk ngeliat perkembangan selanjutnya :D 
King Dancer Pose ini menarik, saya suka ngeliat orang-orang yang melakukannya. Cantik. Iya, mungkin itu alasannya dinamai King Dancer Pose. Sebelumnya saya belajar Mermaid Pose dulu, a bit hard, but I can effortlessly do it now :D Kemudian saya belajar deh King Dancer Pose ini. Pertama kali mau nyoba, gak kebayang gimana caranya nangkep ujung jari kaki hahaha. Kayanya jaaaauuuuh banget. Jadi saya pakai bantuan strap untuk menarik kaki sekaligus melatih keseimbangan. Lupa tepatnya setelah berapa kali latihan, saya mulai bisa nangkep jari kaki. Gak sampe sedetik, jatuh. Sedetik, jatuh. Sekarang bisalah 10 - 15 hitungan :D Pinggang juga gak sakit. Ini juga karena kemampuan bending saya gak terlalu baik, jadi kalau pemanasan kurang, yaa tulang belakang bagian bawah kadang sakit, kaget dia. Ciyan. Jadi ke sini-sini, saya pemanasan dulu, latihan back bend dulu, baru deh melakukan posisi ini. Gak sabar pingin bisa si jari kaki nyentuh kepala ahihi. 

Ini adalah salah satu posisi yang dulu gak pernah saya pikir akan bisa (juga). Diawali dari latihan di atas kasur, kemudian merapat ke dinding hihihi. Posisi yang pertama saya pelajari adalah headstand yang paling kanan, diikuti yang tengah, lanjut handstand yang kiri, Dulu nyoba headstand di tempat tidur karena takut jatuh dan sakit. Ketika sudah mulai belajar headstand di lantai, dan menyandar ke dinding, saya dua kali jungkir balik. Satu kalinya malah kaki menghajar rangka tempat tidur. Sakit? Ya iya dong :)) It was a lesson. Fokus adalah kunci utama untuk mempelajari posisi ini. Dari pertama nyoba, sampai bisa tegak tanpa menyandar itu butuh waktu sekitar 1,5 bulan, latihan on off sih, gak tiap hari. Posisi yang tengah ini baru saya pelajari dua minggu ke belakang lah. Posisi yang paling kiri ini baru seminggu terakhir, agak takut-takut, karena kekuatan tangan sangat dibutuhkan, sementara tangan saya belum kuat menopang. TDalam beberapa minggu ke depan, insyaAllah udah bisa :D 

Gitu deh, seneng liat proses yang saya lewati ini. Pelan namun pasti :) 

You Might Also Like

0 komentar