Ikut kelas Iyengar

By 10:52:00 AM


Akhirnya saya menemukan Studio Iyengar Yoga yang deket dengan harga yang terjangkau, YEAAAAY!! 

Selama beberapa bulan terakhir ini, saya belajar dan belajar yoga sendiri. Baca buku dan blog, nonton video dan bahkan dari tutorial singkat di Youtube. Alhamdulillah, merasa lebih sehat, bugar :) Tapi, mengutip kata Erikar Lebang, sejelek-jeleknya guru yoga masih lebih baik daripada belajar dari buku atau video. Saya amini. Dalam Iyengar ini, hal sederhana yang saya tahu adalah bahwa kita melatih postur untuk berada pada posisi yang semestinya. Banyak kesalahan-kesalahan postur akibat kebiasaan sehari-hari; posisi berdiri satu kaki, posisi duduk, menumpang kaki, tidur menindih tangan dan lainnya, yang bisa membuat tubuh kita melenceng dari postur yang seharusnya. Saya, mantan penderita maag, memiliki kebiasaan-kebiasaan membungkukkan badan yang bisa mempengaruhi fungsi fisiologis tubuh. Nah, melalui Iyengar inilah saya, berharap, bisa memperbaiki postur tubuh sekaligus sehat. Selama belajar, saya melakukan apa yang saya pahami. Tanpa pernah dikoreksi. Nah, tadi pagi saya belajar dengan Certified Iyengar Yoga Instructure dan ada beberapa pose yang membuat saya sulit untuk seimbang atau ternyata tangan saya tidak lurus karena postur harian yang salah. See? 

Pengalaman hari pertama ikut kelas yoga menyenangkan sekali. CAPEK. Karena harus bertahan pada satu pose dalam waktu yang lebih lama daripada ketika saya latihan sendiri. Ada pose yang bikin saya pingin pingsan ahahaha gilak, susaaaah. Padahal keliatannya sederhana sekali. Ketika dilakukan dengan benar, barulah saya tau kelemahan tubuh saya di mana. Saya belajar melepaskan ego ketika melakukan headstand. Iya, headstand bikin saya berambisi "kudu bisa", tapi saya lupa fungsinya apa :) Padahal fungsi headstand bagus sekali, utamanya mengalirkan darah melawan gravitasi sehingga bagian atas tubuh dialiri dengan lebih cepat.

Sehari setelah ikut kelas, badan saya agak sakit-sakit, tapi keesokan harinya sudah berjanji untuk olahraga sama teman-teman di stadium, saya memilih yoga lagi daripada lari keliling lapangan :D Waktu badan mulai panas, eh si rasa sakit ilang aja gitu. Seneng deh! Jadi semangat untuk datang ke kelas yoga lagi minggu depan :) 

You Might Also Like

2 komentar