Kamu karet?

By 2:07:00 PM


Saya mulai Yoga itu sekitar Agustus tahun lalu. Itu dimulai karena saya pingin olahraga yang gak bikin saya punya alasan untuk tidak melakukannya. Sebelumnya saya suka lari-lari kecil lucu. Sepatu pun saya punya, termasuk mahal pula (gratis doong). Tapi saya selalu punya alasan untuk tidak melakukannya, seperti: "yaa kesiangan, sore deh", "yah, kerjaan belum selesai, besok aja deh", "yaah panas", "yaah mendung", "yaah kaus kaki belum dicuci" dan lain sebagainya. Banyak kali alasan kau, Beb. Iya!. 

Sampai satu titik, saya memulai Food Combining, salah satu pelakunya yang sering saya rujuk untuk belajar ternyata pelaku Yoga tradisi Iyengar. Cari tahulah akhirnya tentang Yoga itu apa dan tradisi Iyengar itu apa. Mungkin saya juga latah sih, akhirnya saya belajar Iyengar. Tapi untuk latihan sehari-hari, biasanya saya melakukan pose-pose Yoga yang banyak di “pasaran” (baca: di Google image) haha. Dimulai dengan 5-6 gerakan yang dilakukan selama 15 menit. Kemudian setiap hari ditambah satu gerakan demi satu gerakan. Dari mulai hidung jauh dari lutut, tangan susah ditekuk, badan susah dilipat sampai akhirnya waktu latihan bertambah jadi 30 menit setiap harinya. Saya lakukan pagi-pagi setelah shalat subuh dan minum air perasan jeruk nipis biasanya. 

Beberapa teman saya bilang saya ini lentur, karena dulu saya suka menari. Pada kenyataannya tidak selentur itu, ah. Buktinya banyak gerakan yang tidak bisa sempurna saya lakukan, kok. Kaku. Sama aja. Tapi karena niat saya sehat, maka Yoga itu saya lakukan setiap hari. Malahan, sejak saya rajin ngulik pose Yoga di Instagram, saya malah bisa melakukan Yoga sepanjang hari :)) Sedang bosan, saya latihan crow pose. Lagi mentok nulis, saya lakukan headstand. Lagi mumet, saya coba backbend. Gitu deh. Jadi kaya everyday life, gitu :D Sampai akhirnya saya sadar bahwa banyak pose yang tadinya saya gak bisa, dan yakin gak akan bisa, eh ternyata bisa! Serius! Ini bukan karena saya karet, lentur dan lain sebagainya. Seperti saya bilang, badan saya pun kaku, kok. Tapi bener kata orang, selama kamu bisa bernafas, kamu akan bisa melakukan Yoga, tidak peduli selambat apapun kemajuan yang diperoleh. 

Jadi, buat temen-temen yang pingin sehat, boleh deh cobain Yoga. Coba dari gerakan paling ringan aja dulu. Lama-lama tambah gerakan yang lainnya. Belajar sendiri ya bisa, ke studio malah lebih baik, karena akan ada instruktur yang mengajari  melakukan posisi Yoga yang benar. Selalu ada jalan untuk sehat :)

Hasil yang saya dapatkan dari rutin melakukan Yoga? Ini yang kerasa aja ya :)
*Saya lebih nyaman tidur
*Badan lebih segar
*Lebih sabar ketika panik, karena ketika belajar Yoga, kita akan dilatih untuk mengatur nafas dan melepaskan ego, dan ini berdampak ke kehidupan harian saya di luar Yoga
*Badan semakin lentur
*Lingkar badan semakin mengecil :)

Kamu mau sehat? Yuk kita berYoga :)

You Might Also Like

0 komentar