Sayur dan Buah

By 9:00:00 AM


Dari postingan Prima Kusuma Wardhany di Food Combining Indonesia

Mengapa Manusia Harus Makan Sayur dan Buah?
Manusia memiliki anatomi tubuh lebih cocok untuk mengkonsumsi lebih banyak bahan makanan dari tumbuh-tumbuhan daripada daging hewan.

Mengapa demikian?
Setiap hal yang diciptakan oleh Tuhan pasti punya tujuan dan fungsi yang khusus.
Sebagai contoh, manusia dilengkapi dengan: 



  1. 20 gigi geraham yang berfungsi untuk melumat bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.
  2. 8 gigi seri yang bisa digunakan untuk memotong buah dan sayuran.
  3. Manusia hanya memiliki 4 gigi taring yang digunakan untuk merobek daging.
  4. Rahang manusia juga didesain dapat bergerak secara vertikal (keatas-bawah) dan horizontal (kekiri-kanan), sementara rahang karnivora hanya bisa bergerak secara vertikal dan cocok untuk melakukan gerakan mencabik-cabik daging yang dimakannya.
  5. Usus manusia juga panjang dan letaknya didalam perut berbelok2 tidak lurus, rawan terjadi sumbatan sisa makanan yang membusuk, sehingga lebih cocok untuk mencerna makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, beda dengan usus karnivora yang pendek dan lurus.
  6. Daging memang cocok untuk hewan karnivora karena sistem pencernaannya mendukung misalnya bisa meragikan daging pada temperatur tubuh yang tepat sehingga mudah dicerna secara cepat lewat usus, sementara pada manusia, usus yang panjang membuat daging lambat untuk dicerna dan cenderung membusuk, dan menjadi penyebab banyak masalah kesehatan.
  7. Air liur manusia bersifat basa dan mengandung ptyalin yang berfungsi dengan baik untuk mencerna zat-zat makanan dari karbohidrat, sementara air liur karnivora bersifat asam, cocok untuk mencerna daging. Hati karnivora juga mengeluarkan empedu yang jauh lebih besar dibandingkan manusia, yang berguna untuk menangani jumlah asam urat yang berlebihan yang terkandung dalam daging.
  8. Tangan manusia juga bentuknya didesain untuk mengambil buah, sayuran, dan biji-bijian, dan bukan cakar seperti hewan karnivora yang digunakan untuk mencabik-cabik daging.



Dengan demikian sebenarnya tubuh manusia secara anatomi dan fungsinya tidak efektif dalam mencerna makanan yang berasal dari daging hewan.

Apa saja manfaat mengkonsumsi Sayur dan Buah?

Dari sisi ilmu kedokteran atau ilmu gizi, buah dan sayuran diperlukan oleh tubuh manusia karena termasuk makanan yang bersifat basa, mengandung vitamin dan mineral, dan mengandung zat-zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker. Radikal bebas ini bisa berupa polusi, makanan yang tidak sehat, kuman dan bakteri, kesalahan pengobatan, dsb yang terus meningkat dan terakumulasi dalam tubuh manusia seiring dengan bertambahnya usia.

Solusinya adalah pola makan yang sehat dan mengandung banyak zat antioksidan seperti buah dan sayuran.

Artikel yang bisa dibaca juga, silakan di sini.

You Might Also Like

0 komentar