Tips Mencuci Sayuran dan Buah

By 6:43:00 PM , ,


Makanan yang sehat adalah makanan yang alami, berasal dari tanah. Sayuran dan buah-buahan segar adalah sumber enzim juga nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Khasiatnya yang tiada tanding tidak bisa digantikan oleh produk pabrikan apapun.
Sayangnya, penggunaan pestisida dan bahan kimia lainnya pada proses tanam tidak bisa dihindari oleh masyarakat yang notabene konsumen. Kecuali, jika mau menanam sendiri atau mengeluarkan uang sedikit lebih untuk mendapatkan makanan alami yang organik. Lalu, bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan makanan sehat ini tanpa harus ketakutan kalau-kalau pestisida dan sisa bahan kimia itu ikut termakan? Berikut ini tips mencuci sayur dan buah yang aman untuk dikonsumsi:
1. Cuci bersih sayur dan buah di bawah air mengalir selama beberapa saat
2. Rendam sayur dan buah dalam air yang sudah diberi cuka apel atau garam selama 10 – 15 menit
3. Cuci kembali dengan cermat sayur dan buah di bawah air mengalir selama beberapa menit
4. Tiriskan, siap dikonsumsi
Untuk sayuran seperti ketimun dan terung, sebaiknya kulit dikupas terlebih dahulu sebelum dikonsumsi untuk meminimalisir efek buruk pestisida. Pada buah-buahan seperti apel dan pir, mengupas kulit membantu menghindari efek negatif dari lapisan lilin yang biasa melapisi kulit untuk tujuan menjaga kualitas kesegaran buah.
Jadi, jangan takut makan sayur dan buah segar lagi, ya. Cuci dengan cermat dan semangat sehat!
Tulisan ini dimuat di sini
Foto dari sini

You Might Also Like

0 komentar