Ngos ngosan

By 2:00:00 PM

Ini bulan ketiga saya mulai jarang Yoga. Sampai dengan bulan lalu terbantu dengan rutin dua kali seminggu ikut kelas Iyengar Yoga di Studio Breazy milik Kazumi. Biasanya tiap hari saya pasti Yoga, minimal 15 menit. Tapi beberapa bulan ini lagi bener-bener jadi robot, deh. Sebulan terakhir ini sih yang bener-bener gak nyentuh mat sama sekali, kayaknya. Padahal, mat tergelar di kamar. Biasanya saya sempetin ngelakuin satu dua poses di sela-sela kerja. Tapi karena kerjanya pindah ke perpustakaan, jadilah kesempatan itu menipis.

Saya biasa bangun jam 4 pagi, siapin bekal ini itu dan siap-siap ke kampus. Jam 7 pagi saya keluar dari rumah dan pulang antara jam 7 malam atau 9 malam. Biasanya pulang sudah setengah nyawa. Kadang makan malam pun akhirnya beli, untuk menghemat waktu dan energi. Tapi saya pastikan buah dan sayuran segar tetap dikonsumsi setiap hari.

Semalem, setelah sekian lama gak mengalami, kaki saya kram. Kaki kiri. Lumayan ganggu juga sik. Tapi saya tau, hari-hari belakangan banyak duduk dan jarang gerak pasti punya pengaruh besar, ditambah pula asupan mulai banyak yang dimasak, mungkin tubuh agak asam. Beli makanan, agak sulit menghindari penyedap dan bahan-bahan tidak sehat lainnya. Makanya saya sangat mengusahakan asupan sayur segar setiap kali makan. Males ngunyah, ya dibuat jus aja. Asupan basa penting. Banget.

Alhamdulillah saya masih komit dengan Food Combining, dalam kondisi penuh tekanan deadline dan kerjaan setumpuk, saya masih bisa sehat, alhamdulillah. Cuma emang badan kerasa agak lebih mudah capek berbanding beberapa bulan lalu, karena porsi olahraga jauuuuh berkurang. Ini kerasa banget efeknya. Walaupun, ya alhamdulillah gak ngalamin badan ringsek kaya tahun-tahun sebelum melakukan Food Combining dan Yoga.

Supported handstand
Nah, hari ini saya membangun komitmen yang saya langgar beberapa bulan kemarin *jitak*, Yoga. Saya mau rutin lagi Yoga setiap hari, sesebentar apapun. Tadi saya melakukan beberapa inversion. Pressed bounded-headstand, handstand dan pincha mayurasana. Beuh, ngos ngosan! Padahal cuma gitu doaaaang. Ya ampun dah ah. Dulu saya sering melakukan headstand kalau mulai mumet. Biar darah mengalir ke otak lebih banyak. Biasanya lebih seger. Mikir lebih enak. Badan juga gak tegang. Tapi tadi, serius, ngos ngosan!

Saya ngeh banget kalau otot hamstring memendek karena gak pernah stretching dan terlalu banyak duduk. Si otot gak pernah aktif. Saya udah gak bisa split lagi sejak sebulanan lalu. Sedih sih, ngelatihnya setengah tahun biar otot hamstring lebih lentur, eh...absen latihan jadi kaku deh. Selain itu, core muscles saya makin lembek. Iya, sih..selama ini juga gak oke giman gitu ahahaha jarang saya latih juga. Tapi untuk pressed headstand aja beuh! Waktu handstand aja kaki saya gak aktif, gak ada powernya, jadi bergantung sama dinding deh. Ah, sebel. Pincha, terakhir kali saya rajin latihan tuh udah mulai nemu titik seimbang, jadi gak perlu dinding untuk support. Sekarang? wahahihi, jangan tanya deh XD

Bener kata orang, informasi tentang kesehatan banyak di mana-mana, bisa dipelajari kapan saja. Tapi, kalau tidak berkomitmen dalam melaksanakannya, jangan ngarep sehat deh ;)

SEMANGAT SEHAT!!!

You Might Also Like

0 komentar