Tahun depan, yuk!

By 10:56:00 AM , ,


Saya selalu suka dengan budaya Tionghoa.  Gak tau juga sih awalnya kenapa, mungkin karena saya suka wajah-wajah oriental haha. Sejak saya kenal ilmu budaya dalam kajian komunikasi, saya melihat penyebaran penduduk keturunan Tionghoa di dunia, termasuk Indonesia, adalah satu hal yang menarik untuk diperhatikan. Se-minority-minority-nya mereka di lingkungan tertentu, toh pada kenyataannya budaya Tionghoa sudah banyak berasimilasi dengan budaya lokal. Di mana sih yang gak ada masakan khas Tionghoa? Bakpao, deh semisal. Kayaknya jalan-jalan ke wilayah ini itu, ada aja nemu Bakpao dengan segala jenis isinya. Ke negara-negara mana pun, adaaaa saja yang namanya China Town. 

Somehow they are seen as stranger in their own environment, whilst they born and live there. Lucu, tapi nyata. Ini yang membuat saya mulai tertarik mencari literatur tentang budaya Tionghoa, khususnya di Indonesia, dan memahami bagaimana image mereka terbentuk di masyarakat, bagaimana mereka diperlakukan oleh masyarakat, bagaimana stereotipe yang muncul, bagaimana kehidupan mereka dan lain sebagainya.

Perayaan Tahun Baru Imlek ini salah satu perayaan yang besar di Malaysia, libur sekolah aja sampai seminggu karenanya. Di kota-kota biasanya ornamen dan acara-acara menyambut Imlek meriah di segala sudut. Bahkan di hari ke-15 biasanya diadakan perayaan Cap Go Meh. Seperti tahun lalu, waktu Mas Bromo berkunjung ke sini, kami berkesempatan melihat perayaan itu di Jalan Alor, Bukit Bintang. Seru! Petasan di mana-mana. Tapi saya belum pernah benar-benar melihat bagaimana perayaan tepat di malam tahun baru atau hari pertama tahun baru itu. Selalu pingin lihat apa yang dilakukan oleh orang-orang Tionghoa untuk merayakan momen pergantian tahun itu. Rencana mengunjungi wihara sudah sering dibuat, tapi eksekusinya nihil :)) Adaaaa aja yang bikin saya batal. Sama seperti ingin melihat perayaan Thaipusam di Batu Cave, tahun ini batal. Belum lagi niatan pingin ngeliat perayaan Songkran di Thailand  >.< 

Foto dari sini

Foto dari sini
Tahun ini saya pakpikpuk ngurusin tugas akhir yang harus diserahkan dalam waktu dua hari ke depan. Jadi saya melewatkan momen perayaan Thaipusam dan Tahun Baru Imlek tahun ini di depan komputer. Perayaan Songkran tahun ini juga sepertinya belum bisa saya wujudkan karena tidak memungkinkan dalam kesediaan finansial untuk perjalanan itu. Padahal saya sudah merencanakan ke Bangkok dari tahun 2010 untuk Songkran, tapi belum kesampaian juga. 

Kan...banyak yang ingin saya lakukan! 

Tahun depan, yuk!

Foto dari sini

You Might Also Like

0 komentar