30 days yoga challenge 1

By 10:52:00 PM


Genap empat bulan saya absen dari latihan yoga, khususnya tradisi Iyengar. Iya, biasanya saya di rumah yoga setiap hari, dengan tutorial dari Youtube :D Tapi, deep down inside saya ingin mendalami Iyengar Yoga, hanya saja sementara ini memiliki keterbatasan waktu dan biaya. Tahun lalu saya sempat ikut kelas Iyengar di daerah Kajang, sana. Tapi sejak Desember, saya berhenti (untuk sementara waktu). Kadang-kadang, kalau memang perlu, saya melakukan beberapa pose yoga dengan pengetahuan tradisi Iyengar yang pernah dipelajari di kelas Kazumi, dulu. Dengan pengetahuan seadanya, ya saya lakukan aja apa yang pernah dipelajari. Itupun jaraaaaang :))

Sebetulnya sejak beberapa waktu lalu saya sudah meniatkan untuk bisa latihan yoga lagi setiap hari. Tapi ternyata nihil aja, gitu. Dalam dua bulan terakhir ini, gak sampai sepuluh kali saya latihan *malu*. Nah, tapi saya bertekad nih..mulai 1 April ini akan mengikuti video yoga tutorial-nya Erin Motz yang ’30 days yoga challenge’. Satu video itu hanya berdurasi sekitar 15-20 menit, sebentar. Akan keterlaluan aja kalau saya masih mangkir juga dari challenge ini *ahak*.

Tadi pagi saya sudah mulai dengan video yang pertama. Hanya beberapa pose dan saya payah! Gila, ya..dua bulan penuh kerjaan saya duduk aja tanpa ada olahraga sama sekali itu bikin tubuh saya kaku. Hamstring dan groin saya beuh banget! Tadi ada pose downward facing dong aja tumit saya gak bisa nyium lantai, dong. Hamstring saya sakit banget. Tapi saya gak maksa, saya inget apa yang diajarkan oleh Kazumi. Saya coba melakukan pose itu dengan benar dan semaksimal yang tubuh saya bisa pada saat tadi.

Setelah sesi latihan dengan video, saya melakukan beberapa pose untuk kekuatan kaki. Seperti cerita lama yang berulang, kaki kiri saya lemah >.< Saya udah mulai sadar postur sekarang, sejak mempelajari Iyengar yoga. Saya sering sekali memberatkan kerja kaki kiri; berdiri dengan menumpukan kaki kiri, tumpang kaki dengan kaki kiri sebagai penopang, bersila dengan kaki kiri yang ditindih, kalau melompat biasanya yang jatuh duluan kaki kiri dan berbagai kebiasaan harian lainnya yang bakal jadi masalah di kemudian hari. Nah, sejak mulai tau kesalahan-kesalahan postur harian, saya mulai lebih merhatiin posisi saya berdiri, duduk, bangun dari duduk atau tidur, ketika berjalan dan lainnya. Perut saya terlalu flexible sehingga bikin tulang belakang suka sakit, jadi saya juga mulai sering merhatiin cara saya berdiri; tegap, lurus dari kepala sampai kaki.

Gitulah.


Demi kesehatan yang paripurna!  

You Might Also Like

0 komentar