Kembali fit setelah aaa-choo!

By 4:27:00 PM ,

Foto dari sini
Cuaca di Kajang lagi panas dan sumuk banget. Saya lupa kalau pernah ngerasain cuaca sepanas ini. Tahun lalu, waktu ada penjatahan air di kawasan tempat tinggal pun, rasa-rasanya tidak sepanas ini, deh. Suhu harian ada di sekitaran 36-41 derajad celcius waktu pertama saya mendarat. Setelah sebulan sering dimanja oleh AC di rumah orangtua, kembali ke Kajang itu cobaan banget! 

Alkisah, saya punya teman yang tinggal di sebuah condominium di kawasan elit. Di rumahnya ada AC, tiga :D Saya diajak ngungsi ke sana. Beneran, diajak! Akhirnya saya ngungsi deh, demi AC. Lumayan juga, hampir 2 minggu menginap di rumahnya. Jam 10 pagi biasanya AC mulai dihidupkan dan dimatikan kembali jam 6 pagi keesokan harinya. Praktis saya hidup di ruangan ber-AC seharian. 

Nah, setiap kali saya menginap di rumah teman ini, ada kendala yang selalu bikin saya males nginep. Rumahnya jauh dari mana-mana, kecuali satu mall besar. Jadi, saya agak kesulitan untuk membeli air minum dan makanan. Biasanya kalau menginap, saya bawa bahan makanan sendiri; buah, sayur sampai beras merah. Serius! Dia juga memaklumi. Temen ini biasanya beli makan di luar, itu pun kalau dia keluar rumah hari itu. Kalau tidak, biasanya apa yang ada di rumah, itu yang dimakan. Mau tau apa saja yang ada di rumahnya? Roti, telur dan air putih :'D She can live with that. Saya? Big No No. Kelimpungan banget kalau stok jeruk nipis, sayur dan buah menipis. Saya gak peduli di rumah gak pernah ada telur atau daging-dagingan. Asalkan sayur dan buah berlimpah, aman.

Dua minggu kemarin itu, saya agak irit makan sayur dan buah karena kalau sampai kehabisan dan kebetulan tidak bisa keluar rumah, bisa repot. Selain itu, karena kondisi di rumah selalu dingin, kadang saya lupa minum banyak. Jarang ngerasain haus, walaupun pasti tubuh udah ribut minta air, tuh. Hasilnya, di hari terakhir menginap, badan saya mulai meriang dan tenggorokan meradang. Saya alpa memperhatikan kesehatan, duh!

Pulang ke rumah, kepala mulai berat. Wah, tanda-tanda gak seru, nih. Saya langsung melesat ke kedai runcit terdekat membeli buah, sayur, jeruk nipis dan jahe. Sejak itu, saya konsumsi buah dan sayur lebih banyak dari biasanya. Minimal lebih banyak dari dua minggu terakhir. Sarapan saya dimulai jam 7 pagi sampai jam 12 siang dengan beberapa jenis buah dalam 2-3 porsi kenyang. Makan siang pun hanya berbasis sayuran saja. Ditambah dua sampai tiga kali jus sayuran untuk siang, sore dan malam hari. Kalau ingin yang hangat-hangat, saya menyeduh seruas jari jahe.

Malam pertama di rumah, saya gelisah. Tidak enak badan. Ditambah kesumukan yang luar biasa. Susah tidur. Saya terbangun dari jam 2-5 pagi, baru kemudian bisa tidur kembali setelah udara mulai sejuk. Begitu bangun, saya bolak balik bersin. Mulai meler juga. Waduh! Sudah lama saya gak sampe meler gini. Kalaupun kena gejala flu, tidak pernah sampai meler. Beneran deh, saya pastikan banyak minum dan tubuh diguyur jus sayur untuk menjadikannya basa. Hari itu tidak enak sekali rasanya. Sudah lama tidak merasakan terserang sakit flu. Belum lagi sakit kepala, hadeeh.

Malam tiba, badan saya sudah terasa lebih ringan. Kepala sudah tidak sakit. Bersin semakin jarang dan meler semakin berkurang. Saya juga bisa tidur lebih nyenyak walaupun jam 3 pagi terbangun lagi karena sumuk. Begitu pagi tiba, saya langsung minum air hangat dan perasan jeruk nipis, sebelum shalat subuh. seperti biasa lanjut sarapan pagi, kali ini saya makan buah sampai pukul 1 siang. Eh, dirasa-rasa kok sudah tidak meler dan tidak bersin lagi! 

Kalau ingat dua tahun lalu saya masih sering terserang flu yang bikin saya cuma bisa tiduran aja, duh! Alhamdulillah, setelah mulai sering mencari tahu tentang pola hidup yang lebih sehat dan menjalankannya dua tahun terakhir ini, kesehatan saya semakin baik. Kalaupun alpa menjaga kesehatan dan sempat terkena diare atau gejala flu, hanya butuh waktu satu sampai dua hari saja untuk kembali fit. Kuncinya adalah jaga pola hidup, kembalikan kondisi basa tubuh. Itu saja. 

Buat yang suka sebel sama saya kalau bilang "banyakin minum air putih dan tambahin porsi buah sayur", yaa..dapet salam dari flu-flu lucuk :p 

Sehat ya, semua!

You Might Also Like

0 komentar