Mulai lagi

By 1:25:00 PM

Foto diambil dari sini
Teman-teman yang suka iseng bacain tulisan saya di sini mungkin bosan dengan saya yang selalu mulai lagi, mulai lagi dan mulai lagi mencoba hidup lebih baik. Iya, berawal dari beberapa tahun lalu waktu saya bolak balik sakit melulu, kemudian mencoba mencari tahu apa yang salah dari pola hidup saya sehari-hari sampai pada titik saya menemukan AHA! pola makan saya yang bermasalah.

Nah, saya sudah 10 bulan di Kota Kinabalu, lingkungan kerjanya menyenangkan, pola hidupnya juga berbeda dengan pola hidupnya. Belakangan saya merasakan serunya ikut sarapan sama teman-teman di kantor, makan ke kantin sama-sama, pesan teh tarik atau minuman manis lainnya, makan kue tradisional yang beraneka ragam dan rasanya enak-enak. Sehari, dua hari, seminggu, dua minggu, sampailah jadi kebiasaan. Saya masih rutin konsumsi buah sebelum berangkat ke kantor, masih bawa bekal sayuran mentahan atau bahkan bawa bekal makan siang, masih juga rajin bikin jus sayur kala malam untuk menyeimbangkan asupan yang asam dengan yang basa.

Tapi makin hari, kuantitas asupan yang ber-pH asam dan makanan minuman manis makin tidak terkendali dan melebihi kuantitas asupan baiknya. Berat badan saya melesat tajam, 5 kilogram dalam aktu 6 bulan, mungkin? Belum lagi muka berbuah jerawat silih berganti. Baju-baju juga mulai sempit >.< Kacau banget deh. Malah ada satu ketika itu, badan saya berasa digebukin waktu bangun tidur pagi. It was awful!

Sudah dua bulan ini saya paksakan diri untuk melakukan yoga di pagi atau malam hari ketika pulang dari kerja. Saya pastikan dalam seminggu minimal 5 kali saya melakukan yoga. Saya pilih beberapa posisi yang memang sedang diperlukan, mengingat saya terbiasa duduk satu hari penuh dan hampir setiap hari mengenakan sepatu hak tinggi. Selain itu, sebulan terakhir ini saya biasakan jalan sore, biasanya 3 kilometer. Kegiatan jalan sore ini cuma 2-3 kali seminggu, ditemani teman kantor. Kebetulan Kota Kinabalu ini ada beberapa tempat yang asik buat tempat olahraga; lari atau jalan sore.

Sejak mulai rutin berolahraga, badan lebih enak. Selain itu, makan juga lebih saya jaga walaupun masih ngaco; sering kali saya pakai sistem "bayar hutang" :)) Kalau terlalu banyak makan yang aneh-aneh, saya guyur sayur banyak-banyak. Tapi tentu saja itu cara yang salah :P But then, I try myself to get back into my track, slower. 

Semingguan kemarin, sampai hari ini dan insyaAllah seterusnya, saya mulai makan makanan berbasis tumbuh-tumbuhan lagi. Terlalu sering makan protein hewani, terutama ayam yang digoreng, I don't think that's something I really need, nowadays. 

Jadi, mari kembali ke jalan yang sebenar! :D

You Might Also Like

0 komentar