2018 bagian 1

By 7:01:00 PM


Ini bukan postingan pertama di tahun 2018, tapi ini tulisan yang akan membahas what I will do along this year.

Sebelum saya cerita tentang pikiran saya yang membawa ke sederetan rencana yang insyaAllah ingin saya lakukan di tahun 2018, dan berlanjut ke tahun-tahun setelahnya, saya mau cerita dulu tentang metamorfosis www.jinjinger.com 

Iya, sih, ini blog saya. Suka-suka saya mau diapakan. Tapi agak kurang pas rasanya ketika saya menjadikan blog ini sebagai tempat berbagi yang diawali dengan satu tema dan menggiring pembaca (kalau ada hahaha) ke setiap tujuan tulisan dengan destinasi yang sama, eh tiba-tiba isinya gado-gado dan lalu mungkin ada yang bertanya (ya, lagi-lagi kalau ada yang baca hahaha) kenapa kemudian ada curhatannya, ada makanannya dan lain sebagainya. Nah, ini yang ingin saya luruskan. Tjiyeh.

Bagi banyak orang, apalagi yang tidak membaca blog ini, mungkin tidak penting identitas sebuah blog. Tapi bagi saya penting. Setidaknya bagi saya pribadi. Saya tahu tujuan menulis untuk apa, isinya akan bagaimana, sehingga saya bisa berasumsi yang membaca adalah siapa dan apa harapan mereka. Iya, kalau ada yang baca :D

Nah, jadi begini. Jinjinger itu kata dasarnya adalah jinjing. Nama ini berawal dari saya yang mulai suka jalan-jalan dan menikmati setiap daerah yang saya kunjungi, entah budayanya atau makanannya atau sekadar pengalaman berjalan dan melihat-lihat tempat itu. Sekitar tahun 2007, sewaktu banyak teman saya berkejar-kejaran menyebut dirinya ‘backpacker’ dan bertubi-tubi melakukan perjalanan, saya juga melakukan hal yang sama. Tapi, saya tidak punya tas punggung alias backpack. Saya bawa satu traveling bag coklat milik ibu saya. Cukuplah untuk wadah baju selama jalan-jalan kurang dari satu minggu. Tas itu saya jinjing. Bahkan ketika belum check in atau harus check out awal dari hotel, tetapi itinerary masih panjang, tas itu saya jinjing dibawa jalan-jalan. Pegel? BANGET! :))

Nah, selain dari suka jalan-jalan dan kebetulan ada kesempatannya pada tahun-tahun itu, di kala muda belia, saya juga suka menulis. Blog pertama saya isinya curhatan patah hati. Sehari bisa posting ribuan puisi atau cerita yang bisa dijadikan cerpen :)) Malu sih kalau ingat :D Begitu juga sejak suka jalan-jalan, saya berkeinginan untuk menulis. Sekadar berbagi informasi bagaimana cara pergi ke tempat tujuan, ke mana saja selama di sana, makan apa dan di mana, beli oleh-oleh di mana, menginap di hotel apa yang bisa masuk anggaran anak kuliahan dengan modal jalan-jalan seadanya dan informasi lainnya yang mungkin penting untuk siapapun yang ingin mengunjungi tempat yang sama tetapi bingung harus bagaimana. Dari dua kesukaan saya jalan-jalan dan menulis itulah makanya diputuskan buat satu blog khusus, biar terarah idenya. Nama Jinjinger pun ada di urutan paling atas dari daftar calon nama. Diawali dengan menggunakan Blogspot sampai akhirnya punya dot kom sendiri. Jinjinger telah menjadi wadah saya menyalurkan hobi menulis. 

Seiring waktu, kesibukan dan kesempatan membuat saya semakin jarang jalan-jalan. Ada waktu, tidak punya uang untuk jalan-jalan. Punya uang, tidak punya waktu untuk jalan-jalan. Ada waktu dan ada uang, eh akomodasi gak lucu harganya atau cuaca tidak mendukung :)) Adaaa aja alasan. Sebagai akibatnya, saya jadi jarang jalan-jalan. Jadi tidak tahu harus berbagi apa. Blog pun sempat penuh debu saking jarangnya saya kunjungi.

Kemudian sampailah satu ketika saya sering sakit-sakitan. Saya mengubah pola hidup untuk menjadi sehat kembali. Saya ubah pola makan dengan pola Food Combining dan saya kenal yoga. Dua hal ini mengubah hidup saya di tahun 2014. Seiring waktu dan disiplin dalam menjalankannya, saya mendapatkan manfaat yang luar biasa dari perubahan pola hidup ini. Saya terpikir untuk berbagi. Tidak ada salahnya, saya pikir. Pun sama bermanfaatnya dengan informasi tentang perjalanan piknik saya sebelumnya. Dengan bantuan OmBisot, saya punya menu bar di bagian atas blog yang akan mengarahkan ke tulisan-tulisan yang menjadi rujukan para pembaca berdasarkan tag posting-an. Bisa tentang jalan-jalan, makanan atau pola hidup. Saya juga memberi satu tag untuk postingan yang berisi curahan hati atau sekedar berbagi cerita tentang pengalaman hidup pribadi. Kalau buka www.jinjinger.com dari web, menu bar akan terlihat di bagian atas tepat di bawah tulisan Jinjinger. Tapi kalau buka pakai versi mobile, tidak bisa kelihatan.

Nah, dari bergesernya postingan-postingan saya di blog Jinjinger, saya ingin meluruskan niat saya menulis. Nama blog Jinjinger saya perluas definisinya tidak hanya sebatas saya membawa tas pergi jalan-jalan yang sifatnya piknik saja. Saya perluas lagi definisi jalan-jalan menjadi perjalanan hidup saya. Mungkin tidak semua orang mau tahu, tapi mungkin juga bagi sebagian orang ada cerita yang bisa dijadikan hiburan atau bahkan pelajaran. Tapi intinya, Jinjinger ini adalah wadah saya bercerita membawa tas yang kosong maupun berisi menelusuri jalan hidup entah itu belok untuk piknik, tersandung sedikit, atau ke kanan menuju harapan-harapan baru, bisa juga ke kiri ketika mendapat pengalaman yang memberikan banyak pelajaran. Jinjinger juga menjadi tempat untuk saya mengingaat betapa saya pernah muda, pernah sakit-sakitan, pernah mencoba sedaya upaya untuk sehat, pernah juga selingkuh dari pola hidup yang membawa saya pada keadaan paling bugar, dan hal lainnya.

Jadi, di 2018 ini saya berharap bisa berbagi lebih banyak lagi melalui Jinjinger menceritakan banyak hal yang bisa dibagi; mungkin untuk orang lain atau untuk diri sendiri yang kemudian tulisan itu akan saya baca lagi entah sepuluh atau dua puluh tahun kemudian. Semoga Jinjinger bisa menjadi wadah bagi saya untuk mengukir kisah yang saya alami, mengingatnya untuk dipelajari dan disyukuri, dan mungkin menjadi ruang berbagi bagi siapa saja yang mampir untuk sekadar membuka halaman muka blog ini. Aamiin.

Seterusnya, saya ingin bercerita tentang apa yang ingin saya lakukan di tahun 2018. Tapi saya akan bercerita di postingan berikutnya, ya :D

Cheers!


You Might Also Like

0 komentar