#menujusehat2019

By 10:12:00 AM

Image result for timbangan badan
Gambar dari sini
Pernah ada yang coba pola makan ini dan itu yang beredar di media sosial atau yang booming dijalankan banyak orang? Saya pernah! Mulai low carbsno carbsno saltno ini dan no itu :)) 

Pernah ada yang getol olahraga untuk menguruskan badan? Untuk mengecilkan bagian tubuh tertentu? saya sering! NIAT doang :)) 

Well, saya mau cerita sedikit tentang apa yang AKAN saya lakukan di awal 2019 ini, mungkin kalian mau ikutan?

Pengantar Cerita

Sejak awal 2017, pola hidup saya berangsur-angsur bergeser dari pola hidup yang sudah saya yakini memberi manfaat luar biasa pada kualitas kesehatan dan kehidupan saya ke pola hidup yang duh, gak tau harus cerita gimana >.< Dulu saya rutin menjalani yoga dan melakukan pola makan Food Combining dan alhamdulillah hidup saya jauh lebih berkualitas sejak 2014. Ukuran tubuh cakep, dari L ke XS, senang bukan kepalang. Kulit wajah jauh dari jerwat. Siapa yang tidak bahagia?

TAPI, sejak awal 2017 saya mulai lepas kontrol tentang asupan makanan dan kebiasaan melakukan yoga setiap hari. 

Dimulai dari secangkir teh tarik sehari sekali, dua kali sehari, tiga kali sehari. Kopi tarik, ditambah es batu, enak ya? Tentu enak! Kamu suka? Belum lagi makan semaunya. 

Malahan belakangan, seingat saya mulai 2018, asupan sayur dan buah jauuuuuuuh berkurang. 

Hasilnya? Sejak akhir 2018 saya mulai sering sakit-sakitan. Awal 2019 saya menyerah pada tujuh jenis obat untuk flu dan batuk yang saya derita. 

Mungkin ada yang bilang 'ah, cuma flu dan batuk, biasa itu!'
Buat saya tidak!

Coba bayangkan, setelah sekian lama lupa rasanya demam sampai mengigil dan sekujur tubuh sakit, akhirnya saya merasakan lagi. Menelan makanan pun sudah tidak sanggup. Jangankan makanan, minum air pun sakit :( It was awful.

Saya KAPOK sakit. Sangat.

Apa kata timbangan?

Setahun terakhir saya suka pakai celana palazzo yang bagian pinggangnya berkaret. Ukuran celana yang besar dan pinggang elastis membuat saya lambat menyadari bahwa bentuk tubuh saya sudah berubah. Melebar.

Nah, sampai pada satu titik saya beranikan diri menimbang dan timbangan itu menunjukkan angka 58 kilogram.

Seingat saya, tidak pernah saya seberat itu. Pantesan rok batik buatan Ibu saya tidak muat lagi dan kebaya favorit saya juga sempit luar biasa.

Ini sudah alarm tubuh yang bunyinya tidak henti-henti. MAYDAY! 

Apa yang saya lakukan?

Saya tau, untuk keadaan psikologis sekarang, saya perlu support system untuk  melakukan perbaikan pola hidup. Mungkin ini yang disebut A LA SAN. Bodo amat! haha.

1. Support system
Jadi, saya bikinlah gerakan #menujusehat2019 di group WhatsApp geng ngopi dan rumpi :))
Sederhana aja, saya ajak mereka untuk melakukan squat, push up, sit up dan plank setiap hari. 

Hari 1-7 10 x squat, sit up, push up dan 10 detik plank. Cemen? Bodo amat!
Poinnya adalah MULAI. 

Kemudian dua (sampai tiga) kali seminggu saya seret teman saya untuk jalan sore sama-sama. Targetnya juga cetek, dimulai dengan 3000 langkah ;) 

Nah, si squat dan teman-temannya akan terus meningkat jumlahnya di minggu-minggu seterusnya. Setiap anggota group yang partisipasi akan update di group kalau mereka sudah melakukan gerakan-gerakan itu komplit satu paket. 

Mungkin ada yang bohong? Ah, itu sih komitmen masing-masing aja. Mau bohong tiap hari juga silakan aja :)) Khasiatnya kan masing-masing yang akan merasakan. Tapi dengan adanya update setiap hari, dan sharing tentang efeknya, lama-lama semua pada berkomitmen kok. Lihat aja ;)

Begitu juga dengan jalan sore (atau pagi), setiap minggu akan naik 1000 langkah. 

2. Atur asupan dan pola makan
Untuk makanan, saya kembali beli buah dan sayur untuk memastikan 70% asupan harian berbasis kaya serat. 

Saya usahakan kembali lagi ke pola Food Combining. Pelan-pelan mulai dari memisahkan karbohidrat dan protein, plus asupan basa berlimpah.

Sarapan? Iya, pelan-pelan, ya :D 

Selain itu, saya mengurangi makan nasi putih dan gula.
Saya hanya memberi jatah diri makan nasi putih dan minum minuman bergula dua kali seminggu. 
Bukan cheating, tapi memang itu aja  jadwalnya. 

Itulah sedikit dari usaha saya #menujusehat2019 
Kamu mau ikut?

Nanti saya tulis perkembangannya ya ;)

You Might Also Like

0 komentar